Home » » Cuaca Buruk

Cuaca Buruk

Written By Unknown on Selasa, 19 November 2013 | 22:31



Cuaca Laut Jawa Mendung
Pelaut Khawatir Ombak Besar, Penumpang Was-Was

Yudhi/Radar Gresik
Foto : Yudhi
MENDUNG : Cuaca di sekitar Pelabuhan Gresik terlihat gelap oleh mendung.
Kondisi laut Jawa atau di sekitar perairan Gresik diselmuti mendung sejak dua hari terakhir. Kendati demikian Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik belum mengeluarkan himbauan atau larangan berlayar. Namun para awak kapal khawatir dengan cuaca seperti itu.

KEKHAWATIRAN itu dirasakan oleh Hamzah (34), salah seorang ABK kapal barang yang bersandar di Pelabuhan Gresik. Kondisi cuaca yang akhir-akhir ini tidak menentu membuat dirinya agak  takut berlayar. Meskipun berlayar adalah pekerjaan sehari-hari, dengan kondisi cuaca yang tidak bisa diprediksi membuat ketakutan.
Menurutnya, dengan kondisi cuaca yang semacam ini, dirinya merasa agak ketakutan, karena banyak kapal yang tenggelam. “Saya ya sedikit takut, bisa saja kapal ini tenggelam,” tuturnya.
Pelaut kelahiran Banjarmasin ini sibuk memindahkan barang dari Pelabuhan kedalam perahunya. Kegiatan semacam ini, merupakan pekerjaan rutin saat kapal akan berlayar kembali. Hamzah mengatakan, dirinya selama satu tahun hanya empat kali berada didaratan. “Biasanya satu kali bersandar, kapal akan jalan lagi beberapa hari kemudian,” jelasnya.
Hal senada dirasakan oleh Faisal, nahkoda kapal berusia 60 tahun. Kapal yang dinahkodainya membawa barang-barang perdagangan. Barang itu akan dibawa menuju Ambon untuk diperjual belikan disana. Satu rate perjalanan, dirinya bisa menghabiskan 60 ton solar.
Kondisi cuaca yang seperti ini, biasanya para pemilik barang komplain. Karena barangnya akan terlambat sampai tujuan. “Kalau cuacanya buruk ya kami tidak berani berlayar, sehingga pelanggan banyak yang protes,” jelasnya.
Biasanya cuaca buruk terjadi di November akhir ini. Namun, kondisi alam yang tidak menentu seperti sekarang ini bisa membahayakan pelayaran. “Sebetulnya saat ini belum masuk cuaca yang extreme, tapi kondisi alam saat ini yang tidak dapat diprediksi sewaktu-waktu cuaca bisa berubah,” jelasnya.
Nanang Affandi, Kasie Kepalabuhanan KSOP Gresik mengatakan, hingga kini pihaknya belum mengeluarkan peringatan tentang bahaya gelombang tinggi. Prakiraan cuaca dari BMKG menyatakan, kondisi gelombang dan kecapatan angin masih di ambang batas normal.
"Kalaupun ada gelombang tinggi pasti akan kami pantau. Pemantauan juga kami peroleh dari BMKG, nahkoda kapal yang berada di laut serta informasi dari lokasi pengeboran minyak di lepas pantai," terang dia.
Hanya saja Nanang berharap para pelaut tetap mengantisipasi perubahan cuaca yang bisa berjalan cepat. "Ini penting demi keselamatan mereka selama berlayar," pungkas Nanang. (rof)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PT Media Gresik | Untuk Negeri
Asli © 2013. BlokGresik.com - LOVE TO GRESIK