Home » » Peringatan Hari Pohon Sedunia

Peringatan Hari Pohon Sedunia

Written By Unknown on Kamis, 21 November 2013 | 22:24



Aksi Cabut Seribu Paku

CABUT PAKU : Para pelajar dan komunitas lingkungan EH Gresik tengah mencabut paku di Jl Kartini Foto : Yudhi

Momentum peringatan Hari Pohon Sedunia yang jatuh 21 November digunakan anak-anak muda Gresik untuk merawat pohon. Sekaligus menyerukan agar warga tidak seenaknya memaku pohon. Sejumlah aktivis lingkungan yang tergabung dalam komunitas Earthhour (EH) bersama siswa SMA Semen membersihkannya.


MEREKA menggelar aksi cabut seribu paku dibeberapa titik jalan protokol kota. Ketua komunitas EH Syaiful Fauzi mengajak masyarakat mencintai pohon. Banyak cara agar pohon bisa lestari, salah satunya dengan tidak menggunakan kertas dan tisu secara berlebihan. Penggunaan kertas sebenarnya bisa disamakan dengan dukungan terhadap aksi tebang pohon liar. “Tisu dan kertas kan terbuat dari kayu, semakin banyak kertas yang dibutuhkan semakin banyak pula pohon yang ditebang,” ujarnya.
Begitu juga dengan memaku pohon. Paku tersebut akan merusak jaringan organ pertumbuhan pohon. “Paku yang menancap dan mengenai kambium, akan membuat pohon tidak tumbuh maksimal, sama juga akibatnya dengan melilitkan kawat dibatang pohon,”tambah Syaiful.
Sementara itu, para siswa sangat antusias mengikuti aksi cabut seribu paku ini. Salah satu siswa Risqiya menyatakan merawat pohon sama halnya dengan ikut memerangi pemanasan global. “Acaranya seru, dan membantu keberlangsungan pohon,” jelas siswi yang biasa dipanggil Qia ini. (rof)



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PT Media Gresik | Untuk Negeri
Asli © 2013. BlokGresik.com - LOVE TO GRESIK